Holistik terapi merupakan implementasi dari pengembangan dan pengalaman Web Hypnoterapy Indonesia (WHI), dari praktekĀ  pribadi, konseling dan terapi serta pelatihan yang dilakukan bertahun-tahun, ternyata kondisi keseimbangan dalam hidup seseorang adalah kondisi yang ideal berupa rasa nyaman, merasa bahagia dan kepenuhan (fulfillment), baik secara emosi, fisik maupun spiritual (bukan soal keberagamaan). Semenatara itu seseorang selalu berada dalam kondisi dinamis, sehingga yang dimaksud dengan keseimbangan adalah keseimbangan dinamis.

Dengan pengertian tersebut, seseorang selalu bergerak dinamis dalam diantara titik keseimbangan, dan keseimbangan sendiri bukan sebuah bidang datar tetapi mirip tiga dimensi, ditabah dimensi waktu, yang mirip ruang spatial, atau garis linear. Gambaran ini hanya untuk memudahkan pemahaman kita tentang posisi kesimbangan, dalam prakteknya kita akan lebih menggunakan “rasa” untuk memahami keseimbangan, karena setiap orang normal telah memiliki timbangan rasa untuk itu.

Untuk lebih mudahnya kondisi seperti apa yang menggambarkan keseimbanagn holistik seseorang, yakni sebuah kondisi yang secara fisik, emosi, energi dan spiritual terasa nyaman dan berfungsi secara baik untuk urusan pribadi maupun sosial. Dari pengalaman, gangguan terhadap keseimbangan fisik akan memengaruhi kesimbangan emosi, energi maupu spiritual dan berlaku secara timbal balik, ketidak seimbangan emosi akan memangaruhi kesimbangan fisik, energi maupun spiritual.

Saling memengaruhi dan melengkapi atau mengurangi di antara keseimbangan-keseimbangan tadi terjadi terus menerus dalam sebuah fungsi waktu. Untuk mudahnya pemulihan keseimbangan untuk fisik bisa didekati dengan pemenuhan keseimbangan emosi, energi maupun spiritual. Pengalaman kita sejak lahir, bahkan sejak di dalam kandungan memengaruhi kerangka pikir, sikap dan tindak kita sebagai cerminan dari endapan pengalaman dan bakat yang kita miliki.

Bagaimana terapi holistik bekerja? yakni dengan memberikan stimuli melalui komunikasi terpandu yang telah dirancang melalui studi dan pengalaman yang bertahun-tahun tadi. Emdapan pengalaman yang menghadirkan berbagai gangguan dipetakan sebagai peta yang ada di bawah sadar kepribadian seseorang. Dengan proses terpadu seperti konseling, pembelajaran ulang dan pemulihan holistik, mitra diajak untuk melakukan jurney pemulihan yang membebaskan dan menyeimbangkan kembali ke pemulihan dan kondisi seimbang secara emosi, fisik, energi dan spiritual.