Oleh : Kaka Suminta C.Ht.

Griya-Terapi.com–Apa yang terpikir saat kita menyaksikan seseorang yang sudah bertahun-tahun tak bisa berjalan, tiba-tiba hanya dengan diajak berbicara oleh terapis dapat berjalan dengan normal, atau saat seorang ibu yang mengalami pendarahan hebat berjhenti hanya dengan kata-kata. Atau contoh kecil lain ketika seorang paisen anak kelas empat SD berhenti dari kebiasaan mengompol atau pipis waktu tidur, hanya dengan diberi cerita. Tentu kita menyebutnya ajaib, bahan lebih jauh jadang disebut klenik.

Tetapi itulah yang terjadi dengan hipnoterapi, yakni sebuah terapi berbasis hipnosis, yang memanfaatkan pikiran bawah sadar seseoarng untuk memulihkan pada keadaan yang diinginkan, seperti kesembuhan, perubahan perilaku dan sejenisnya. Tudingan klenik atau misdtis yang sering disalah artikan atau disalahgunakan, seharusnya terkikis dengan semakin mudahnya informasi tentang hipnoterapi dan psikologi dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang, namuan nyatanya tak banyak yang menar-benar mencari dan memanfaatkan informsi tentang hipnoterapi untuk kebaikan, bahkan prasangka buruk bahwa hipnoterapi menggunakan magis atau bahkan mahluk aneh lain masih kuat pada pikiran sebagian orang.

Baknya pendekatan rasional yang bisa dilakukan untuk memahami bagaimana hipnoterapi bekerja, salah satunya adalah pendekatan tentang memori dan sugesti, yang secara umum menyebutkan bahwa pada dasarnya konstruksi berpikir otak manusia memiliki lapisan-lapisan kesadaran, secara umum setidaknya dikenal ada dua kesadaran, yakni kesadaran dalam kondisi sehari-hari dan kesadaran superfisial, ektika seseorang mengalami kesadaran yang berbeda dengan kondisi biasa, sebut saja bawah sadar atau subconcious. Dengan memanfaatkan lapis-lapis kesadara itulah apa yang nampak sebagai keajaiban bisa dijelaskan secara rasional.

Sugesti adalah pesan yang mempengaruhi memori dan kesadaran, secara umum dalam hipnotepi disebutkan bahwa semua yang kita pikirkan, kita yakini adalah berasal dari sugesti yang kita tyerima sepanjang hayat, sehingga dari pikiran dan sikap kita akan melahirkan perilaku atau perbuatan yang spesifik dan menjadikan setiap orang meliki pola laku yang berbeda saat menghadapi sebuah masalah atau fenomena yang dihadapi. Pebndek kata kompilasi sugesti yang diterima seseorang sepanjang hidup akan memengaruhi pikiran, emosi dan perilaku seseoarang yang bisa berbeda dengan orang lain.

Dengan pemahaman itulah, hipnoterapi menjelaskan bagaimana seseuatu yang mapak seperti keajaiban sebagaimana dicontohkan di atas terjadi, dengan mengubah memori bawah sadar melalui sugesti, maka seseorang bisa saja pulih dari penyekitnya seperti yang sembuh dari kelumpuhan di atas, atau perubahan perilaku lainnya yang terjadi pasca terapi hipnosis, jadi jika ada yang masih menganggap hipnoterapi setelah membaca tulisan pendek ini, itu artinya anda memiliki sugesti yang menutup pikiran anda dari penjelasan nalar yang sederhana ini.

PELATIHAN TERBAIK HIPNOTERAPI