Terapi Online

Dengan semakin mudahnya komunikasi nirkabel, atau online, baik yang konvensional seperti melalui pesan singkat atau melalui telepon, sekarang bahkan cukup mudah melakukan chating baik teks, suara maupun audio visual.

 

Namun sampai saat ini masih belum banyak yang menggunakan fasilitas ini secara maksimal, sehingga bisa menghemat jarak dan waktu, karena dengan online tak perlu lagi menempuh jarak, bahkan bisa juga antar negara.

Belum maksimalnya pemanfaatan teknologi online dan internet untuk healing atau terapi antara terapis dan kelayan, salah satunya karena ada beberapa kelemahan dalam konsultasi online yang belum bisa seluruhnya menggantikan ;layanan  dilakukan dengan konsultasi tatap muka konvensional. Salah satunya adalah banyak teknik yang dikembangkan dengan praktek dan riset dengan tatap muka, misalnya soal anamnasis atau penggalian masalah dan potensi penyelesaian masalah akan lebih efektif jika dilakukan dengan membaca bahasa tubuh, intonasi dan sinyal-sinyal yang disampaikan secera diam-diam oleh kelayan dalam sesi terapi, tak dapat digantikan dengan metode online.

Meski demikian bukan berarti bahwa terapi online tidak memiliki keunggulan dan masa depan, layanan online termasuk dalam terapi dan healing akan semakin mempunyai peran signifikan di masa depan, tanpa menghilangkan peran komunikasi interpersonal, sehingga yang diperlukan adalah riset dan pengembangan untuk leyanan terapi dan healing online, misalnya dengan aplikasi yang sesuai, sehingga akan menjadi layanan yang terjangkau dan efektif. Dipadukan dengan layanan konvensional akan menjadi layanan yang sangat efektif.

lalu bagaimana kita dapat memilih dan menggunakan layanan terapi dan healing online? pertama tentu saja kita perlu mengetahui layanan helaing dan terapi yang seperti apa yang sudah bisa dilakukan secara online dengan baik, kemudian pada bagian mana layanan terapi tersebut bisa efektif dilakukan dengan online. Dengan pengetahuan tersebut kita bisa menentukan layanan mana yang bisa dilakukan dengan online, mana yang lebih efektif dengan tatap muka konvensional, dan mana yang bisa dilakukan dengan kombinasi antara kedua cara tadi.

beberap yang bisa dilakukan secara online adalah :

  1. Informasi umum tentang metode dan teknik terapi dan healing yang bisa disampaikan secara online, sehingga memberikan informasi yang memadai dan penting bagi publik, terutama untuk calon kelayan., termasuk di dalamnya alamat dan jenis layanan.
  2. Sistem registrasi untuk mendapatkan layanan, setelah menentukan tempat dan jenis layanan yang diminati kelayan. registrasi secara online akan menghemat waktu dan biaya karena bisa dilakukan kelayan di mana pun dan kapanpun sesuai dengan kesempatan yang dimiliki kelayan.
  3. Menentukan mana layanan yang bisa dilakukan seluruhnya secara online, misalnya dengan memesan paket layanan yang diberikan pusat terapi seperti berbentuk ebook, atau audio atau audio visual yang bisa dipesan secara online, termasuk melakukan konsultasi penggunaan dan layanan lanjutan dari paket tersebut.
  4. Jika diperlukan layanan tatap muka konvensional, karena tak bisa dilakukan seluruhnya online, maka perlu dipastikan bahwa layanan awal online dan layanan lanjutannya telah secara maksimal dilakukan untuk memberikan layanan maksimal untuk leyanan tatap muka konvensional.
  5. Semua layanan yang diberikan perlu mengakomodir aturan dan etika layanan baik yang ditetapkan pemerintah maupun ketentuan etika profesi layanan terapi dan healing, sehingga para pihak yang menyepakati layanan terlindungi secara hukum dan etika yang disepakati.

Demikian pemahaman umum secara singkat tentang layanan terapi online, jika diperlukan informasi tambahan bisa dilakuakn secara langsung dalam komentar informasi ini atau email ke

suminta@gmail.com

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *