Hypnoanalysis is a form of hypnotherapy that aims to discover and resolve the root cause of a concern. It draws on concepts from analytical psychotherapy and uses these with hypnotherapy techniques. The hope is that hypnoanalysis can resolve problems rather than manage symptoms, and therefore address long-standing issues. (Hypnotherapy-Directory.org)

Dari definisi di atas kita bisa membagi tiga bagian utama dari hipnoanalisis menurut direktori hipnoterapi tersebut, yakni konsep, tujuan dan penggunaan dari hipno-analisis, yang secara harfiah terdiri dari dua kata yakni hipnos dan analisis. Sebebanrnya hipno-analisis merupakan sebuah konsep dasar dari sisi istilah yakni hipnoterapi dengan akar psikoanalisis. tentu saja dari sisi psikoanalisis sulit kita dapatkan referensinya terutama dari psikoanalisis klasik, sehingga hipno analisis lebih mudah didekati dari hipnosis dan hipnoterapi.

Konsep

Dalam membahas konsepsi kita lebih mengedepankan unsur praktis atau operasional dari hipno analisis ini, yakni lebih mendekati konsep terapi dengan hipnosis yang didasarkan pada analis psikoanalisis, sehingga dalam konsep ini menggabungkan kedalaman analisis psikoanalisis yang di dalamnya memiliki akar psikoanalisis klasik yang digagas Sugmund Freud dan perkembangannya. Di sisi lain hipnoterapi sebagai teknik terapi sudah dikenal karena kecepatan dan Efektifitas penyembuhannya. Gabungan inilah yang menjadi konsep dasar hipno-analisis.

Tujuan terapi hipno-analisis

Sebagaimana konsepsi yang diuraikan di atas, bahwa hipno-analisis merupakan ……(bersambung)